Langsung ke konten utama

AMRA, sudah siapkah kita?


            Pada tanggal 14 juni 1997 negara-negara anggota ASEAN telah menyetujui suatu visi untuk membentuk ASEAN 2020. Kesepakatan yang memetakan ASEAN untuk menuju ASEAN 2020 dengan menciptakan Kawasan Ekonomi ASEAN yang stabil, makmur dan berdaya saing tinggi diharapkan dapat menghasilkan: aliran bebas barang, jasa dan investasi, pembangunan ekonomi yang merata, dan mengurangi kemiskinan serta kesenjangan sosial-ekonomi, juga peningkatan stabilitas politik, ekonomi dan sosial.

            Dalam salah satu poin ASEAN Framework Agreement on Service (Selanjutnya dikenal dengan AFAS) yang dibuat dan disepakati untuk mendukung visi ASEAN 2020 ditetapkan bahwa negara-negara anggota ASEAN dapat menerima pendidikan atau pengalaman yang diperoleh, atau lisensi atau sertifikasi yang diberikan di Negara Anggota ASEAN yang lain, untuk tujuan lisensi atau sertifikasi pemasok jasa. Asean Mutual Recognition Arrangements (selanjutnya disebut AMRA) adalah suatu kesepakatan yang dibuat pada tahun 2008 untuk kualifikasi dalam jasa profesional demi memfasilitasi pergerakan bebas  tenaga profesional di ASEAN. Beberapa tujuan dari dibentuknya AMRA ini adalah :

·         Menfasilitasi mobilitas tenaga kesehatan para anggota ASEAN
·      Pertukaran informasi dan memperbanyak kerjasama dalam hal saling pengakuan antar tenaga kesehatan
·         Mengadopsi praktik terbaik berdasar pada standar dan kualifikasi, dan
·         Memberikan kesempatan bagi peningkatan kapasitas dan pelatihan praktisi medis

Paragraf diatas dapat diartikan secara mudah menjadi : Pertukaran bebas dokter-dokter di seluruh negara anggota ASEAN. AMRA yang akan diimplementasikan dalam kurang dari 10 bulan lagi ini seharusnya mendapatkan lebih banyak perhaatian dari kita semua termasuk mahasiswa. Mahasiswa yang notabenenya akan merasakan hasil implementasi program ini seharusnya sadar bahwa ini semua adalah pisau bermata dua yang disatu sisi berkesempatan memajukan Indonesia dan menjadikan negara ini sebagai salah satu negara pemimpin ASEAN atau disisi lain akan menjadikan negara ini objek eksploitasi. Apa hubungannya dengan mahasiswa kedokteran? Apakah kita juga akan merasakan efek dari penjanjian antar negara ASEAN ini? Jawabannya adalah YA.
Indonesia tanpa persiapan akan menjadi pasar potensial bagi tenaga kesehatan asing terutama mengenai pemerataan dokter ke daerah-daerah terpencil. PP 38 tahun 2007 yang menyatakan bahwa gubernur berhak mengatur distribusi tenaga kesehatan sampai sekarang bukan hanya belum dilaksanakan bahkan terkadang belum diketahui oleh pemerintah daerah sehingga pemerataan dokter di Indonesia masih saja menjadi Pekerjaan Rumah kita bersama sekaligus menjadi tantangan terbesar dalam menghadapi AMRA dimana kemungkinan dokter dari negara anggota ASEAN lainnya tidak akan menyia-nyiakan peluang lapangan pekerjaan ini.

Pemerintah Indonesia, dalam peraturan sebelumnya yakni UU No. 29 Tahun 2004 telah mengatur Praktik Kedokteran termasuk yang mengenai peraturan dokter asing dimana untuk berkarir di Indonesia, seorang dokter asing harus memiliki surat tanda registrasi yang wajib diperbarui dalam kurun waktu 5 tahun sekali. Peraturan mengenai dokter/ tenaga kesehatan asing ini juga sebenarnya sudah tertuang dalam Permenkes No. 2052 tahun 2011 tentang Izin Praktik Kedokteran dan Permenkes no. 317 tahun 2010 tentang Tenaga Kesehatan Asing. Pun kedua UU dan Permenkes diatas masih sangat minimal dalam implementasinya.
Kecenderungan masyarakat kita yang akan lebih memilih dokter lulusan luar negeri  ketimbang  dokter lokal tanpa secara serius mempertimbangkan kualitas pribadinya adalah salah satu kelemahan sistemik yang sampai saat ini juga belum ada jalan keluarnya. Sehingga kita harus memiliki persiapan agar dokter Indonesia tidak kehilangan pasiennya. Dalam mempersiapkan AFTA 2015 seharusnya Indonesia mempersiapkan regulasi internal untuk menghindari monopoli pihak asing. Kita seharusnya memiliki peraturan internal agar tidak kehilangan baik pasien maupun dokter Indonesia.
Terlepas dari menyamakan kualitas dengan negara anggota ASEAN lainnya, secara internal kualitas pendidikan kedokteran Indonesia sendiri masih butuh penyamaan kualitas antar institusi. Tumpang tindih kualitas pendidikan kedokteran di Indonesia masih butuh perhatian lebih dari pihak pemerintah sehingga keputusan pemerintah yang terkesan reckless untuk menyetujui implementasi AMRA tanpa adanya usaha nyata untuk memperbaiki kualitas tenaga kesehatan Indonesia seolah-olah menjerumuskan tenaga kesehatan kita ke dalam sungai berarus deras AMRA tanpa menyediakan pelampung dan mengajarkan kita agar bisa berenang.
            Pemerintah melepas tangan sehingga tunggu menunggu mengenai apa yang akan dilakukan pemerintah terkait hal ini adalah suatu perbuatan yang tidak menjanjikan hasil apa-apa. Pemerintah dalam melaksanakan tugasnya harusnya mengetahui bahwa melindungi rakyat adalah tugas negara. Secara mudah dapat dikatakan bahwa melalui kesepakatan ini tanpa usaha dan awareness dari kita sebagai pihak terkait maka tidak mustahil kita akan menjadi 'turis' di negara kita sendiri.

            Apa yang dapat kita lakukan? Sekarang tanyakan pada diri sendiri karena tidak ada gunanya saling tunggu apalagi saling menyalahkan. Bergeraklah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku - H. Agus Salim

Resensi Buku Judul                     : Agus Salim - Diplomat Jenaka Penopang Republik Penulis                 : Tim Tempo Penerbit              : Tempo KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) Lebar                     : 16x23cm Jumlah hal.         : +178 halaman                 Buku ini adalah salah satu dari sekian seri buku Tempo Bapak bangsa yang diterbitkan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini oleh pihak Tempo. Buku ini diharapkan dapat membangkitkan kembali rasa kecintaan kaum muda kepada para bapak bangsa yang belakangan sudah mulai surut, padahal kecintaan terhadap pendiri bangsa inilah salah satu pondasi untuk membangkitkan cinta kepada rakyat dan negeri kita tercinta, Indonesia.                 Agus Salim, yang lahir dan besar di Koto Gadang, Agam, Padang adalah salah satu pemain inti dalam perjuangan mendapatkan dan mempertahakan kemerdekaan Indonesia. Dalam buku ini dikisahkan mengenai Agus Salim dan peranannya sejak awal dalam perumusan pancasi

Festival Durian Hutumuri

“Satu biji durian itu 57 kalori loh” ujar seorang teman mengingatkan via DM Instagram beberapa hari sebelum saya menghabiskan sekitar 1500 kalori king of fruit ini di Hutumuri. Siang itu jumat 6 April, saya sedang iseng jalan-jalan sendirian ke daerah Waiheru-Passo dan ga sengaja ngeliat banner bertuliskan “Festival Durian Hutumuri, 7 April 2018” Hah? Festival apa? Sebagai manusia yang lemah terhadap durian, teman-teman internship di grup Whatsapp saya kabari dengan segara dan kami lalu bersepakat, nanti setelah maghrib saya akan ngecek tiketnya dulu ke Ambon City Center lalu tandjap kita besok harinya. Ternyata begitu sampai di ACC, jreng. Loket tiketnya udah tutup. Apa-apan??! Hahaha tapi hidup mewajibkan untuk tidak mudah berputus asa punya kenalan (thanks Ninikski) dan akhirnya dapat info kalau masih boleh beli tiket on the spot . Paginya formasi yang awalnya akan berangkat berempat jadi tinggal bertiga wanita karena ada yang harus jaga IGD pagi, okelah tentu yang

Setelah koas - Sepenggal 15210

Tuhan selalu memberikan jawabannya dengan cara yang terbaik : Masih keinget banget rasanya deg-degan sebelum pengumuman grup koas, men katanya grup koas ini jauh lebih menentukan dibanding urutan stasemu atau apapun karna kamu bakalan ngehabisin ratusan harimu bareng orang-orang itu aja dan sekalinya kamu dapat yang ga klop : Welcome to the T-rex jungle. Koas berasa ada di tengah hutan yang ga bisa di waze/google map, ga ada makanan, ga ada wifi dan ada T-rexnya : Jadi se-ga banget itu. Saat hari-H tau temen-temen grup koas yang kepikiran langsung "Oh oke ga ada yang ga banget sih. Beberapa ga kenal tapi kayaknya lumayan aja" 12 belas orang yang keliatannya normal dan baik-baik saja ini. Waktu itu belum ngerti kalo mereka  cuma keliatannya  demikian. Your "Dek Koas" for the next 21 months, yeay! Foto diatas diambil setelah pembekalan hari terakhir di RSUP Sardjito a.k.a masih jaim dan belum terpapar kehidupan koas yang....ugh. Gitulah.