Langsung ke konten utama

Setelah koas - Sepenggal 15210

Tuhan selalu memberikan jawabannya dengan cara yang terbaik :






Masih keinget banget rasanya deg-degan sebelum pengumuman grup koas, men katanya grup koas ini jauh lebih menentukan dibanding urutan stasemu atau apapun karna kamu bakalan ngehabisin ratusan harimu bareng orang-orang itu aja dan sekalinya kamu dapat yang ga klop : Welcome to the T-rex jungle. Koas berasa ada di tengah hutan yang ga bisa di waze/google map, ga ada makanan, ga ada wifi dan ada T-rexnya : Jadi se-ga banget itu.

Saat hari-H tau temen-temen grup koas yang kepikiran langsung "Oh oke ga ada yang ga banget sih. Beberapa ga kenal tapi kayaknya lumayan aja" 12 belas orang yang keliatannya normal dan baik-baik saja ini. Waktu itu belum ngerti kalo mereka cuma keliatannya demikian.

Your "Dek Koas" for the next 21 months, yeay!


Foto diatas diambil setelah pembekalan hari terakhir di RSUP Sardjito a.k.a masih jaim dan belum terpapar kehidupan koas yang....ugh. Gitulah.

Hari-hari di koas itu sendiri Roller-coaster banget, ada hari ketika kamu ngerasa "Alhamdulillah biasa aja" tapi tentu ada juga hari ketika kamu ngerasa "Astagfirullah salah saya apa" ketika kamu udah capek sekaligus pusing dengan tugas yang dibebankan ke kamu yang bahkan kamu ga ngerti esensi dan tujuannya apa, ada banyak hal yang selalu bisa mengembalikan senyum kamu diakhir hari. And here, they are :

(Disclaimer : Urutan postingan adalah berdasar absen. Tidak berdasar lain-lain. Tengs.)


Tita :  


Pertanyaan, semua orang yang namanya tita emang ditakdirkan langsing tinggi semampai gitu ya? Terbesit pikiran ganti nama juga deh ah. Ga ding. Tita adalah anak baik-baik yang berhak dinobatkan sebagai "Koas ter-rajin se-manikom" yang setelah dipikir-pikir nama kelompok ini prakarsai oleh tita. Mungkin kalo oleh saya namanya akan nyerempet sama yang berbau kesehatan banget : Cempedak misalnya, kan buah gitu jadi sehat atau lainnya yang mirip-mirip Air mata badak. Nah untungnya tita yang ngasih nama grup jadinya tidak banyak ambiguitas dalam mengartikan nama grup biarpun sebenernya tetep penasaran, ini manikomnya kanan kan ya?


Fariz : 

Receh. Dah itu aja. 3D : Dollar, DG, Djelita. Partner kalo soal mereceh di kelompok. Kalo saya komen panjang-panjang di bagian ini nanti jadi pemicu kecemburuan sosial diantara 12 orang anggota sisa. Pencapaian terbesar : memenuhi harapan kelompok untuk makan pancake durian dan rendang. Hobi : baca komen receh video youtube. Bertekad kuat dan penuh dedikasi untuk tidak pernah lengah terhadap locus minorus teman-temannya, fotografer kelompok yang memilih sapa yang boleh motoin dia (anaknya protesan). Sulit menentukan pilihan hidup entah mau jadi Afgan atau Justin Timberlake. Kayaknya terakhir dia memutuskan jadi YoungLex deh. Agak lupa saya.


Hana : 

Cewek yang awalnya kalem aja gitu, normal. Belakangan diduga kebanyakan belajar dan sudah umurnya tiba-tiba manik, sukanya colek-colek a'la sabun cuci atau ketawa atau dengan terlalu ramah menyapa “Ya ampuuunn ayiii udah lama ga ketemu” (Note : Kita kayak barusan ketemu 15 mnit yang lalu di lapag), yang super princess tidur diawal dan teramat dekat dengan ibunya sekaligus murid andalang yang rajinski-duski tapi selalu disangkalnya. Gapapa han, orang rajin memang harus menyangkal (?) agar tidak dikira pongah nan angkuh. Terima kasih panutan yang HQQ. Alhamdulillah mendekati akhir koas becandaannya semakin nyambung. Upgrade paijos sist? *wink*


Ulfa : 

Tergercep sekaligus termager. Koas satu ini begitu marah keliatan banget, which is really good karena sebagai orang yang ga peka sebenernya agak susah menebak-nebak tadi abis bikin salah apa atau orangnya sampai marah apa ga tapi kalo sama uul yaudah gausah nebak kalo marah juga akan membaik kok tapi semua orang be like “Eh eh udah ntar uul marah” hahaha gais, tengs. Entah friends atau haters tapi kalo kebanyakan ketawa dia jadi kesel sama yang ngelawak "udah toh, capek aku ketawa" Eh iya maap. Termager menyangkut segala hal yang sifatnya jalan kaki tapi tergercep mengenai apapun yang sifatnya administrasi maklum walikota sims city. Sekalian karena walikota anaknya emang sibuk banget. Aslinya onjoeh biarpun suka creepy.


Fadhil : 

Termasuk tim #Pacarku5langkah. Hehe. Ga ding. Punya adek yang deket banget sama dia, punya nama panggilan yang menggambarkan cita-cita luhur bangsa Indonesia : Adil dan makmur. Termasuk dalam tim receh, tim apapun-demi-duren, dan tim gampang bosen. “Yi bosen nih” “Yi kamu udah nonton….” Kalo dia bosan entah semua ini salah siapa. Kalo lagi bosen ngisengin orang terutama Yana, kadang senyum-senyum sendiri mungkin sekalian ngecek nervus facialisnya sih. Pria terjaim di kelompok dan selalu menjaga netralitas demi kesatuan kelompok (baca : sejauh ini bukan geng haters) apalagi sama yang baru kenal. Beeehhh. Jangan minta saya ngejelasin jokes plis gais.


Yana : 

Yang kalo diem pilihannya bisa dua lagi baca artikel ilmiah atau lagi maen game. Temen diskusi kecanggihan semacam RCT, P53, Chi Square dan semacamnya. Termasuk tim gampang bosan, Tim Obama-Redmayne-Hiddleton dan bisa multi-bahasa. Salah satu kosakata Jawa yang menjadi andalannya adalah : Bojo. Yang kalo lagi nelpon ibunya siap-siap roaming aja sih yang lagi barengan maklum kembarannya Nabila JKT48. Kadang kalo kita becanda suka belakangan ketawanya, maklum lagi aja perbedaan bahasa :”) rujuqan dalam hal journal dan buku-buku pelajaran berbahasa Inggris saat yang lain baca Kapita and she’s like “Yang aku baca dari Harison he said that the pathophysiology of this disease started with…” Oh. Okay. Fine yan. Fine.


Bangfu : 

Gemelli dimana-mana. Hamdalah gais, sekarang sudah ada yang punya dan sudah membaik (?) dari adiksi dota-nya. Yang kalo ngomong medok-men, tertuakan di grup yang bareng-bareng bahkan sampe di KKN yang iseng dan suka ngebully dan kalo lagi gabut nungguin konsulen kerjaannya jelas : Ngeliatin video lawak atau kucing. Kalo kucing ngelawak kayaknya ga deh. Mungkin kalo bisa bikin kerajaan isinya kucing terus dia jadi rajanya dia mau. Eh gatau ding ga pernah nanya. Bangfu sekaligus adalah founder the haters di kelompok, jobdesk : mengomentari semua jenis baju yang ngikutin trend, atau warnanya terlalu cerah atau yaudah emang pengen aja dikomenin sama dia. Masuk daftar lima tereceh di kelompok dan sukanya komen tulus semisal “Yik kalo di buru turunnya terjun gitu ya pake parasut?” “Yik itu minumnya ga abis-abis kamu lepehin lagi ya isinya?” keseringan beda frekuensi apalagi pas awal-awal koas. Sekarang? Alhamdulillah, masih beda. 


Icha : 

Gemelli satu lagi yang bahkan juga bareng dari FK, Geragai sampe Berlin. Target Bangfu-Fariz selain Lefi, fathy dan saya. Sibuque banget mulai jadi asisten penelitian, sampe nyanyi-nyanyi duet dan mencari spot foto yang bagus. Saingan Fathy dalam memperebutkan posisi sebagai pasangan duetnya Fariz. Yang kalo kata Yana “Ilmiah banget” selain juga kemampuan tidurnya yang bisa dimana saja dengan hanya melibatkan sedikit gerakan tambahan. Yang kalo kata anak lain (identitas dirahasiakan) suka telat sendiri kalo kita becanda-becanda dan ketawa. Kata-kata andalannya adalah "Itu apa sih Yi?" "Itu yang ini bukan?" ya kalo itu berarti bukan ini emang. Di kelompok KKN sering dibilang mirip Adi tapi selalu ditolak. Mungkin inginnya mirip Ryan Renolds? Sa ugha sih kalo itu.


Fatma : 

Koas yang bisa tau-tau muncul dengan quotes atau pisang gorengnya. Yang kalo bête diem aja, hft kenapa sih. Diem-diem adalah fashion police. Semi diam-diam punya “Geng Cinta” dan sukanya memberi kritikan tajam. Seneng banget dapet stase klaten disaat semua orang ber-yaaaaaahhhhhh-kok-klaten. Terketje banget lah dengan a'la-a'la pinterestnya waktu bikin hadiah buat farewell kelompok *masih terharu*. Mamak-anak banget sama sasa, selalu nemplok dan kompak bareng kesana kemari seperti sepasang itik. Sapa bapaknya btw? Terbaper, menurut survey singkat saya terhadap temen-temen sekelompok (maklum mbak, saya anaknya survey-based *apasih*). Tidak terlalu setuju saya ngefans sama Fedi Nuril, just why :-( Belakangan dikenal dengan nama belakang panggung Tehnih.


Sasa : 

Kembalian sasa yang kalo balik ngejawab becandaan kita bias se-strike itu :”) sangat menggambarkan jiwa orang solo yang kaleeeeem parah. Cuma senyum bahkan saat dibilang “Itu yang dibelakang ngantuk ya?” turns out emang matanya gitu. Alhamdulillah sasa anaknya menyimpan recehan, bukan dendam. Sasa yang tidak pernah marah se-amazing itu, katanya sih karena temenan sama Fathy makanya keabisan tenaga trus jadi kalem. Teori yang menarik. Tahan-tahan aja diposesifin sekelompok, pemasok bakso ikan super enak. Punya fansclub dan sering jadi model. Sasa yang Alhamdulillah tingginya cukup sama kayak saya, jadinya kalo foto-foto kita biasanya memang di paling depan. Ada hikmah dibalik semuanya, uyeah! HAHAHA.


Lefi : 

Satu-satunya orang yang tetep rapih kinclong berkilau saat semua teman-temannya udah kayak orang abis perang, selalu datang paling awal dan rapih rajin. Asisten pribadinya mbah Google yang suka sekali kopi. Kadang kalo saya mau nyentuh dia, saya takut tangan saya meninggalkan dosa dan noda. Kalo marah menyeramkan. Panutan kita semua dalam kerapihan dan keabsahan, tapi seringnya dikomenin tiga cowok soal model bajunya yang sebenernya lucu-lucu (Haters gonna hate, guys *blow nails*). Gemelli sejatinya Fathy, kayak air dan api (kita tau sapa apinya jd gausah disebut), memang ditakdirkan demikian, berbeda kutub biar dunia ga keseringan berguncang. Tertabah, karena setiap harinya harus menghadapi Fathy dan kemacetan jakal. Lebih menguras tenaga yang mana ya?


Fathy : 

Our mood maker sekaligus termanik di kelompok koas. Yang katanya kalo ga gerak malah pusing jadi selalu ga bisa diem atau malah nyanyi-nyanyi karna maklum suaranya 11-12 sama lady gaga (pas lady gaganya lagi kena unilateral vocal cord paralysis). Yang selalu typo dan salah nyebut nama mulai dari residen sampe konsulen, yang jam tidurnya kayak princess dan kalo lagi bareng tapi tidur duluan suka minta dibangunin "Yik aku tidur bentar ya" dan selalu berakhir dia gabisa dibangunin. Sama sekali. Pernah juga dia tidur dilantai kayak orang pingsan yang sukses bikin panik malam-malam. Kulelah. Alhamdulillah kosan Fathy selalu bisa dijadikan HQ tempat kumpul dan makan-makan, yang kalo bangun pagi selalu buka jendela sambil ngomong “Good morning universe~”. Kalo ketawa wah udah deh mending gausah ngaku temen, punya hobi melakukan hal-hal random. Princess sebentar lagi menempuh hidup baru ya? Awwww.


Ibunya Hana :
Ga punya fotonya. Tapi adalah anggota ke-14 grup ini karena hanya dengan "Kata ibuku"-nya hana lah semua orang memutuskan untuk bubar dan melanjutkan apapun yang sedang dilakukan supaya hana ga jadi cerita. Alhamdulillah terima kasih bu kami bisa jadi koas yang efektif semua karena bantuan ibu secara tidak langsung. Saya bu, ayi temennya Hana yang tukang minyak kayu putih itu. Nanti ibu saya kasih juga ya bu, pas Hana balik seselesainya stase terakhir kami. Semoga ibu-bapak sehat selalu, aamiin.

Padahal ibunya hana juga ga bakal baca blog saya.


Hari-hari baik juga mengerikan selama koas mengajarkan banyak hal termasuk kerjasama tim yang baik dalam segala hal (If you know what I mean) dan memberi kita kesempatan untuk saling mengerti satu sama lain. Mulai dari yang di PHP massal sama konsulen/residen sampe ketawa-ketawa pas maenan games di Kaliurang, (yang hampir menyebabkan perpecahan kelompok itu) semua selama 21 bulan ini bisa kita lalui dengan kompak dan asique~

Flashback koas dan keabsurdannya, mereka adalah salah satu alasan hari-hari berat, hari-hari membosankan, hari-hari menyenangkan terasa sama baiknya, sama sukanya biarpun kelompok ini juga ga bebas drama, tapi ga pake kebanyakan juga adegan-adegan terinspirasi anak jalanan. Jadi sampai akhir koas, belum ada ga ada yang berubah jadi srigala pake jaket kulit hitam dan bawa helm Go-Jek kemana-mana. Temen-temen koas dari berbagai latar dan berbagai tingkah randomnya yang kalo dilihat udahlah paling klop, dan kalo memang temen ditentukan dari sifat kita maka : Alhamdulillah temen-temen saya yang random, saya mah normal maksimal sih, bisa dilihat *kibas-kibas ujung jilbab*.

Smoga abis ini blog saya ga diblokir sama mereka.






Nak-anak baik sehabis ujian stase pertama




Post Obgyn (I have range of expressions, you know)


















Alasam kenapa ga permah upload foto makrab di medsos : Capek bat milihnya gais :( Ini aja butuh waktu 7 bulan sendiri buat milih




Koas yang kalo main bareng selalu rempong dengan dresscode kayak mamak-mamak pengajian lagi arisan tapi fotonya paling cling, yang kalo soal administrasi paling gercep, yang tau-tau ada aja ngirim capture baperan di grup, yang typo-nya hanya dimengerti Allah SWT (karna bahkan yang typo gabisa baca tulisannya sendiri tapi Allah tetaplah Maha Mengetahui) yang clingy bangetlah tapi juga paling mengerti satu sama lain.  Alhamdulillah, semuanya lebih baik rusuh dengan kehadiran kalian. I am certainly beyond grateful and honored to be part of 15210.

Tapi serandom-randomnya orang-orang ini, mereka adalah jawaban atas pertanyaan yang dulu sempat terlontarkan "Apa yang dikasih Allah udah yang terbaik?" Yes, they are an absolute yes.



Yang awalnya jaim? Ya you kidding me. Apaan ujungnya dangdut semua.

Terima kasih atas kerjasamanya selama ini, terima kasih sudah membuat koas menjadi nyaman dan tertahankan. All of these amazing phases (koas muda-jenderal-veteran) for the past 21 months can be passed with so much joy, thanks to you! No sad words, because I will be seeing you around and that won't be cool to be so all sappy now. And btw, Lombok this September, rite?


Dimanapun kita nantinya gais : Stay receh, stay curious.


21 months later...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku - H. Agus Salim

Resensi Buku Judul                     : Agus Salim - Diplomat Jenaka Penopang Republik Penulis                 : Tim Tempo Penerbit              : Tempo KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) Lebar                     : 16x23cm Jumlah hal.         : +178 halaman                 Buku ini adalah salah satu dari sekian seri buku Tempo Bapak bangsa yang diterbitkan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini oleh pihak Tempo. Buku ini diharapkan dapat membangkitkan kembali rasa kecintaan kaum muda kepada para bapak bangsa yang belakangan sudah mulai surut, padahal kecintaan terhadap pendiri bangsa inilah salah satu pondasi untuk membangkitkan cinta kepada rakyat dan negeri kita tercinta, Indonesia.                 Agus Salim, yang lahir dan besar di Koto Gadang, Agam, Padang adalah salah satu pemain inti dalam perjuangan mendapatkan dan mempertahakan kemerdekaan Indonesia. Dalam buku ini dikisahkan mengenai Agus Salim dan peranannya sejak awal dalam perumusan pancasi

Festival Durian Hutumuri

“Satu biji durian itu 57 kalori loh” ujar seorang teman mengingatkan via DM Instagram beberapa hari sebelum saya menghabiskan sekitar 1500 kalori king of fruit ini di Hutumuri. Siang itu jumat 6 April, saya sedang iseng jalan-jalan sendirian ke daerah Waiheru-Passo dan ga sengaja ngeliat banner bertuliskan “Festival Durian Hutumuri, 7 April 2018” Hah? Festival apa? Sebagai manusia yang lemah terhadap durian, teman-teman internship di grup Whatsapp saya kabari dengan segara dan kami lalu bersepakat, nanti setelah maghrib saya akan ngecek tiketnya dulu ke Ambon City Center lalu tandjap kita besok harinya. Ternyata begitu sampai di ACC, jreng. Loket tiketnya udah tutup. Apa-apan??! Hahaha tapi hidup mewajibkan untuk tidak mudah berputus asa punya kenalan (thanks Ninikski) dan akhirnya dapat info kalau masih boleh beli tiket on the spot . Paginya formasi yang awalnya akan berangkat berempat jadi tinggal bertiga wanita karena ada yang harus jaga IGD pagi, okelah tentu yang